Sunday 6 March 2016

Tugas Entomologi Kelompok Kerja 4



Berdasarkan penelitian sebelumnya dikatakan bahwa mansonia,culex,anopheles,aedes merupakan vector utama dan vector potensial dari filariasis di Indonesia.
Nyamuk Mansonia berasosiasi dengan rawa-rawa, sungai besar di tepi hutan atau dalam hutan; larvae dan pupa melekat dengan sifonnya pada akar-akar atau ranting tanaman air, spt enceng gondok, teratai, kangkung, dsb. Vektor penyakit yang dibawa oleh Mansonia yang paling sering ditemui adalah filariasis (vektor penyakit cacing). Filariasis merupakan penyakit akibat nematoda jenis Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori. Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk (vektor utama penularan filariasis di daerah perkotaan adalah oleh Culex quinguefasciatus dan di daerah pedesaan vektornya dapat dari berbagai spesies Anopheles seperti An. aconitus dan An. bancrofti) yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghisap darah orang tersebut.
       Pengendalian nyamuk dewasa dan larva (jentik) harus dilakukan secara Terpadu, untuk menurunkan populasi nyamuk dan diikuti dengan monitoring dan evaluasi dengan cara mengukur padat populasi nyamuk dewasa dan jentik
Pada kelompok ini yang harus dilakukan adalah mencari data penyakit malaria di wilayah jombang kemudian lakukan observasi lingkungan,dimana yang harus diamati adalah
1.      Breeding place dari nyamuk mansonia
2.      Jenis-jenis air perindukan dari nyamuk mansonia
3.      Amati morfologi,siklus hidup dari mansonia dengan cara sebagai berikut :
4.      Sediakan 2 media pengamatan, 1 media sdh di isi dengan telur/larva mansonia dan 1 media  kosong yang telah di isi dengan air( wadah di warnai cat hitam )
5.      Amati media mulai dari hari kedua smpi dengan hari ketujuh (sampai terjadi perubahan)
6.      Amati cirri/morfologi dari masing-masing telur,larva,pupa,nyamuk dewasa.
7.      Amati factor penghambat dan pendukung dari masing-masing perubahan/siklus hidup
8.      Lakukan observasi pada rumah-rumah penduduk dengan melihat ada/tidaknya jentik/larva dari mansonia. (10  rmh penduduk )
9.      Catat semua hasil dari observasi tsb<kemudian hitung CI,HI,BI,ABJ serta tentukan Density figurenya


 Hasil observasi dilaporkan dalam bentuk makalah dengan susunan sebagai berikut
1.      Bab I terdiri dari latar belakang,rumusan masalah,tujuan,manfaat
2.      Dasar teori
3.      Kerangka kerja
4.      Hasil
5.      Pembahasan
(dilengkapi dengan daftar pustaka )

Jangka waktu observasi adalah 2minggu plus pengamatan di lab.
Hasil sementara dipresentasikan sedangkan makalah di kumpulkan sebelum UTS


Sumber : Dosen pengampu Praktikum Parasitologi sub Entomologi

No comments:

Post a Comment